Uraian Singkat Tentang Materi Perkuliahan

Metode numerik merupakan bagian dari ilmu matematika yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan matematika. Penyelesaian persamaan matematika dengan metode numerik dilakukan dengan mendekati persamaan matematika secara diskrit. Dengan demikian persamaan matematika yang semula bersifat kontinu, bagaimanapun sulit dan kompleksnya, selajutnya dapat diselesaikan dengan serangkaian operasi aritmatika yang sederhana. Operasi aritmatika ini ada kalanya mempunyai jumlah yang banyak dan harus dilakukan berulang-ulang. Akibatnya, pada umumnya, metode numerik hanya akan efektif jika diselesaikan dengan bantuan program komputer.

Dalam bidang rekayasa sipil, model nyata seperti struktur gedung, perilaku air, perilaku tanah dan lain sebagainya umumnya dimodelkan dalam bentuk persamaan matematika. Persamaan-persamaan matematika tersebut ada kalanya sangat sulit untuk diselesaikan secara eksak dengan metode penyelesaian matematika standar. Disamping itu, penyelesaian persamaan tersebut biasanya membutuhkan waktu yang lama. Pada kondisi seperti inilah metode numerik dengan bantuan program komputer digunakan. Selanjutnya hasil numerik diinterpretasikan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penyelesaian model matematika dengan metode numerik dan interpretasi hasil numerik ini dikenal sebagai analisis numerik. Pemahaman tentang bagaimana menganalisis dengan metode numerik sangat diperlukan agar dalam setiap pekerjaan dalam bidang rekayasa sipil dapat dilakukan dengan efisiensi tinggi tanpa kehilangan akurasi perhitungan.

Kurikulum Jurusan Teknik Sipil menekankan agar lulusan Jurusan Teknik Sipil mempunyai kemampuan yang memadai dalam menganalisis persoalan bidang rekayasa sipil secara efektif dan akurat. Untuk mencapai tujuan tersebut, materi perkuliahan Metode Numerik disusun dan dirancang agar metode numerik yang umum digunakan dalam bidang rekayasa sipil diberikan dalam perkuliahan, seperti penyelesaian persamaan nonlinier, penyelesaian sistem persamaan linier simultan, pendekatan fungsi, penyelesaian persamaan diferensial dan integrasi numerik. Penyelesaian persamaan matematika dengan metode numerik tersebut dirancang untuk dapat diselesaikan secara manual. Walaupun demikian, materi perkuliahan diarahkan untuk selalu menggunakan pemograman komputer dalam menyelesaikan persamaan matematika. Perkuliahan dan materi perkuliahan juga diarahkan untuk dapat menyelesaikan masalah dalam bidang rekayasa sipil sedemikian sehingga tujuan yang hendak dicapai seoptimal mungkin dapat dicapai.