Industrial Engineering Bachelor Program

Program Educational Objectives:


two-three years after graduation the graduates are expected to attain these below in their earlier career;

  1. Graduates are expected to attain professionalism and leadership role within industrial organization or other related organization,
  2. Graduates are expected to attain role as the source for efficient and value added solutions to increase the benefit of the organization, and
  3. Graduates are expected to attain cost, quality, delivery considerations in making decisions to achieve global competitive advantages
Program Student Outcomes:
The Industrial Engineering Program expects the student to have 12 student outcomes (SO) on its graduates
(Program Studi Teknik Industri mengharapkan mahasiswa memiliki 12 capaian pembelajaran (CP) pada saat kelulusannya)
  1. An ability to apply knowledge of mathematics, statistics, science and engineering analysis in order to solve industrial engineering problems (Kemampuan menerapkan pengetahuan bidang matematika, statistik, sains dan analisis teknik untuk menyelesaikan permasalahan teknik industri)  (ABET-a, IABEE-a)
  2. An ability to design and conduct experiments as well as to analyze and interpret appropriate data in order to solve industrial engineering problems (Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen serta menganalisis dan mengartikan data yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan teknik industri) (ABET-b, IABEE-c,e,g)
  3. An ability to design an integrated system consisting of human, material, equipment, energy and information in order to achieve a well-perform system using industrial engineering methods within realistic constraints such as economic, environmental, social, political, ethical, health and safety, manufacturability, and sustainability (Kemampuan merancang sistem terintegrasi yag terdiri dari manusia, material, peralatan, energi dan informasi untuk mencapai kinerja sistem yang baik dengan menggunakan metode-metode teknik industri dalam batasan-batasan realistis misalnya ekonomi, lingkungan, social, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, kemampuan-buatan dan keberlanjutan) (ABET-c, IABEE-b,e,g)
  4. An ability to function on multidisciplinary teams, either as a member or a leader (Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin baik sebagai anggota ataupun ketua) (ABET-d, IABEE-g,h, KKNI-S(e,f), KU(f,g,h))
  5. An ability to identify, formulate and solve industrial engineering problems (Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan permasalahan teknik industri) (ABET-e, IABEE-d, KKNI-KU(a))
  6. An ability to understand professional and ethical responsibility in industrial engineering area (Kemampuan memahami tanggungjawab secara professional dan beretika dalam area teknik industri) (ABET-f, IABEE-i, KKNI-S(a,b,c,d,g,h,i), KU(g,h))
  7. An ability to communicate effectively (Kemampuan berkomunikasi secara efektif) (ABET-g, IABEE-f,g, KKNI-KU(c,d,i))
  8. An ability to understand the impact of industrial engineering solutions in a global, economic, environmental and social context (Kemampuan memahami dampak dari solusi teknik industri dalam kontek ekonomi, lingkungan, social dan global) (ABET-h, IABEE-i)
  9. An ability to engage in a life-long learning (Kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat) (ABET-i, IABEE-j, KKNI-KU(b,h))
  10. An ability to understand contemporary issues in industrial engineering discipline (Kemampuan memahami isu-isu terkini dalam disiplin teknik industri) (ABET-j, IABEE-j)
  11. An ability to use the techniques, skills and modern and classical engineering tools required by industrial engineers (Kemampuan menggunakan metode, keterampilan dan  piranti yang modern yang dibutuhkan seorang insinyur teknik industri) (ABET-k, IABEE-e, KKNI-KU(e))
  12. An ability to practice enterpreneurship and intrapreneurship skills in establishing a business (Kemampuan untuk mempraktekkan keterampilan kewirausahaan dalam mendirikan suatu bisnis)
Keterangan: Student Outcome (SO)/Capaian Pembelajaran (CP) yang memenuhi kriteria Disiplin Teknik Industri yang ditetapkan oleh IABEE adalah CP-1, CP-2, CP-3, CP-5, CP-6, CP-8, CP-10, CP-11.
Catatan:
1. Daftar Capaian Pembelajaran IABEE:
(a) Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan
(b) Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
(c) Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik.
(d) Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik.
(e) Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
(f)  Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
(g) Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada.
(h) Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
(i)  Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
(j)  Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.
2. List of ABET Student Outcomes:
(a) an ability to apply knowledge of mathematics, science, and engineering
(b) an ability to design and conduct experiments, as well as to analyze and interpret data
(c) an ability to design a system, component, or process to meet desired needs within realistic constraints such as economic, environmental, social, political, ethical, health and safety, manufacturability, and sustainability
(d) an ability to function on multidisciplinary teams
(e) an ability to identify, formulate, and solve engineering problems
(f) an understanding of professional and ethical responsibility
(g) an ability to communicate effectively
(h) the broad education necessary to understand the impact of engineering solutions in a global, economic, environmental, and societal context
(i) a recognition of the need for, and an ability to engage in life-long learning
(j) a knowledge of contemporary issues
(k) an ability to use the techniques, skills, and modern engineering tools necessary for engineering practice.
3. Daftar Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) KKNI-Dikti (Lampiran Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015):
Rumusan Sikap (S);
(a). Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
(b). Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
(c). Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
(d). Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
(e). Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
(f). Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
(g). Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
(h). Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
(i). Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
(j). Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Rumusan Keterampilan Umum (KU);
(a). Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
(b). Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
(c). Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
(d). Menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
(e). Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
(f). Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
(g). Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan sepervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
(h). Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
(i). Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
Link between Program Educational Objectives and Program Student Outcomes is as follow:

Program Educational Objectives (PEOs)

Student Outcomes (SOs)

1. Graduates are expected to attain professionalism and leadership role within industrial organization or other related organization

An ability to function on multidisciplinary teams, either as a member or a leader (SO-4)

An ability to understand professional and ethical responsibility in industrial engineering area (SO-6)

An ability to communicate effectively (SO-7)

an ability to engage in a life-long learning(SO-9)

An ability to practice entrepreneurship and intrapreneurship skills in establishing a business (SO-12)

2. Graduates are expected to attain role as the source for efficient and value added solutions to increase the benefit of the organization

An ability to apply knowledge of mathematics, statistics, science and engineering analysis in order to solve industrial engineering problems (SO-1)

An ability to design and conduct experiments as well as to analyze and interpret appropriate data in order to solve industrial engineering problems (SO-2)

An ability to identify, formulate and solve industrial engineering problems (SO-5)

An ability to understand the impact of industrial engineering solutions in a global, economic, environmental and social context (SO-8)

An ability to use the techniques, skills and modern engineering tools required by industrial engineers (SO-11)

An ability to practice entrepreneurship and intrapreneurship skills in establishing a business (SO-12)

3. Graduates are expected to attain cost, quality, delivery considerations in making decisions to achieve global competitive advantages

An ability to design and conduct experiments as well as to analyze and interpret appropriate data in order to solve industrial engineering problems (SO-2)

An ability to design an integrated system consisting of human, material, equipment, energy and information in order to achieve a well-perform system using industrial engineering methods within realistic constraints such as economic, environmental, social, political, ethical, health and safety, manufacturability, and sustainability (SO-3)

An ability to understand the impact of industrial engineering solutions in a global, economic, environmental and social context (SO-8)

An ability to understand contemporary issues in industrial engineering discipline (SO-10)

An ability to use the techniques, skills and modern engineering tools required by industrial engineers (SO-11)